• Thursday 24th of June 2021 07:16:21 PM

Fasilitas

Program Studi S1 Pendidikan Fisika Universitas Palangka Raya menempati Gedung Kuliah M di Jl. H. Timang Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Alat dan media pembelajaran bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Universitas Palangka Raya disediakan dan dikekola terpusat dari FKIP Universitas Palangka Raya. Alat-alat seperti Laptop, komputer, LCD, in Focus, OHP dan media lainnya dikelola Prodi Pendidikan Fisika Universitas Palangka Raya dan digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran secara sharing dengan mahasiswa lain.

Dalam pelaksanaan pembelajaran telah tersedia RPS serta perangkat pembelajaran yang diperlukan oleh dosen. Pelaksanaan pembelajaran dapat terjadi di dalam kelas, di luar kelas dan atau laboratorium yang terkait dengan mata kuliah tertentu. Mengacu pada Standar Akademik UPR, pelaksanaan pembelajaran di tiap pertemuan, melibatkan partisipasi aktif mahasiswa dengan menggunakan metode dan media yang mendukung pencapaian pembelajaran. Hal ini sesuai dengan Standar Akademik UPR tentang proses pembelajaran yang menyatakan bahwa (1) mahasiswa harus dibuat aktif untuk memberi respon melalui metode diskusi, simulasi, eksperimen, bermain peran (role playing) dan penggunaan media, slide, kaset audio, mimbar, dan benda sebenarnya, dan sebagainya, (2) penyampaian kegiatan belajar mengajar harus dilakukan dengan metode yang bervariasi seperti diskusi, brainstorming, studi kasus, role playing, demonstrasi, dan lain-lain, (3) Penyampaian kegiatan belajar mengajar seharusnya menggunakan berbagai media (transparansi, film, videotape, LCD, dll.).

Fasilitas perpustakaan sebagai sarana sumber belajar dan penelitian untuk mahasiswa dan dosen Universitas Palangka Raya. Universitas Palangka Raya memiliki tiga perpustakaan yaitu: perpustakaan pusat, perpustakaan Fakultas dan perpustakaan prodi. Meskipun jurnal dan buku serta hasil penelitian sudah cukup memadai, tetapi sejalan dengan kemajuan IPTEK, fasilitas untuk menunjang kegiatan belajar dan penelitian mahasiswa maupun dosen masih perlu ditingkatkan.

FKIP UPR Palangka Raya telah menyediakan fasilitas khusus untuk laboratorium Laboratorium yang dapat dimanfaatkan untuk proses belajar mengajar adalah Laboratorium Pendidikan Fisika, Laboratorium Pendidikan Kimia, Laboratorium Pendidikan Biologi, dan UPT Laboratorium Terpadu. Laboratorium-laboratorium tersebut dalam kondisi baik, bahkan mendapatkan dana dari hibah kompetisi. Mahasiswa UPR mempunyai akses yang sama pada ketiga laboratorium tersebut untuk  dimanfaatkan  sebagai  sumber  belajar  dan  tempat  belajar mengajar.

Praktikum